Saturday, February 16, 2013

BENZENA


Benzena, juga dikenal dengan rumus kimia C6H6PhH, dan benzol, adalah senyawa kimia organik yang merupakan cairan tak berwarna danmudah terbakar serta mempunyai bau yang manis. Benzena terdiri dari 6 atom karbon yang membentuk cincin, dengan 1 atom hidrogen berikatan pada setiap 1 atom karbon. Benzena merupakan salah satu jenis hidrokarbon aromatik siklik dengan ikatan pi yang tetap. Benzena adalah salah satu komponen dalam minyak bumi, dan merupakan salah satu bahan petrokimia yang paling dasar serta pelarut yang penting dalam dunia industri. Karena memiliki bilangan oktan yang tinggi, maka benzena juga salah satu campuran penting pada bensin. Benzena juga bahan dasar dalam produksi obat-obatanplastik, bensin, karet buatan, dan pewarna. Selain itu, benzena adalah kandungan alami dalam minyak bumi, namun biasanya diperoleh dari senyawa lainnya yang terdapat dalam minyak bumi. Karena bersifat karsinogenik, maka pemakaiannya selain bidang non-industri menjadi sangat terbatas.

Benzena ditemukan pada tahun 1825 oleh seorang ilmuwan InggrisMichael Faraday, yang mengisolasikannya dari gas minyak dan menamakannya bikarburet dari hidrogen. Pada tahun 1833, kimiawan JermanEilhard Mitscherlich menghasilkan benzena melalui distilasi asam benzoat (dari benzoin karet/gum benzoin) dan kapur. Mitscherlich memberinya nama benzin. Pada tahun 1845, kimiawan Inggris, Charles Mansfield, yang sedang bekerja di bawah August Wilhelm von Hofmann, mengisolasikan benzena dari tir (coal tar). Empat tahun kemudian, Mansfield memulai produksi benzena berskala besar pertama menggunakan metode tir tersebut.

Senyawa Turunan Benzena



2-Fenilheksana                    m-Xylena                           Aspirin                            Bifenil




     Durena                           Asam benzoat                   Etilbenzena                       Mesitilena




   Parasetamol                         Asam ''picric''                  p-Xylena                          Nitrobenzena




                                                              
     Anilina                                                  Fenol                                                    Toluena



Reaksi Benzena
1. reaksi halogen
2. reaksi Alkalisasi
3. reaksi Nitrasi
4.  reaksi Sulfonasi
5. reaksi Adisi