Monday, December 3, 2012

DORAEMON



Doraemon (Jepang: ドラえもん Hepburn:? Doraemon) adalah serial manga Jepang yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio yang kemudian menjadi sebuah serial anime dan waralaba Asia. Seri ini adalah tentang sebuah robot kucing bernama Doraemon yang cerdas, yang dalam perjalanan kembali waktu dari abad ke 22 untuk membantu seorang anak pra-remaja, Nobita Nobi (Nobi Nobita 野比 のび太?).
Serial ini pertama kali muncul pada bulan Desember 1969, ketika diterbitkan secara bersamaan di enam majalah yang berbeda. Secara total, 1.344 cerita diciptakan dalam serial aslinya, yang diterbitkan oleh Shogakukan di bawah Tentomushi (てんとう 虫?) Merek manga, memanjang sampai empat puluh lima volume. Volume yang dikumpulkan di Takaoka Central Library di Toyama, Jepang, di mana Fujiko Fujio lahir. Amerika mogul media Ted Turner membeli hak untuk serial anime Doraemon pada pertengahan 1980-an untuk rilis bahasa Inggris, tapi dibatalkan tanpa penjelasan sebelum episode ditayangkan. Namun, Doraemon: Nobita Dinosaur 2006 (Film 26 di waralaba) mendapat skrining pribadi di Washington, DC pada November 2008.
Sebagian besar episode Doraemon adalah komedi dengan pelajaran tentang nilai-nilai seperti kejujuran, ketekunan, keberanian, dan menghormati orang tua. Berbagai isu lingkungan sering dikunjungi, termasuk hewan tunawisma, pemanasan global, spesies yang terancam punah, penggundulan hutan, dan polusi. Topik pendidikan Miscellaneous seperti dinosaurus, teori bumi datar, lubang cacing bepergian, Perjalanan Gulliver, dan sejarah Jepang sering dibahas.
Doraemon dianugerahi Penghargaan Asosiasi Kartunis Jepang untuk keunggulan pada tahun 1973. Doraemon dianugerahi Penghargaan Shogakukan Manga pertama untuk manga anak-anak pada tahun 1982,  dan Osamu Tezuka pertama Budaya Award pada tahun 1997. Pada bulan Maret 2008, Kementerian Luar Negeri Jepang menunjuk Doraemon sebagai bangsa pertama  Juru bicara Departemen menjelaskan novel keputusan sebagai upaya untuk membantu masyarakat di negara-negara lain untuk memahami anime Jepang lebih baik dan memperdalam minat mereka pada budaya Jepang "duta anime.". " Tindakan Kementerian Luar Negeri menegaskan Doraemon yang telah datang untuk dianggap sebagai ikon budaya Jepang Pada tahun 2002, karakter anime itu diakui sebagai Pahlawan Asia dalam survei fitur khusus yang dilakukan oleh majalah Asia Time..



nama

Nama "Doraemon" diterjemahkan secara kasar untuk "menyimpang". Tak seperti biasanya, nama "Doraemon" (? ドラえもん) ditulis dalam campuran dari dua script Jepang: Katakana (ドラ) dan Hiragana (えもん). "Dora" adalah dari "dora neko" (kucing liar atau kurang ajar, どら猫), dan merupakan korupsi nora (liar). "Emon" 卫 门, 右卫门 adalah komponen dari nama yang diberikan laki-laki, seperti Goemon, meski tak lagi sepopuler di masa lalu. "Dora" bukan berasal dari dora 铜锣 gong makna, namun karena homophony tersebut, puns seri ini, dengan Doraemon mencintai dorayaki.


Alur

Penampilan pertama Doraemon, yang datang melalui mesin waktu.
Doraemon dikirim kembali dalam waktu oleh seorang anak muda bernama Nobi Sewashi untuk meningkatkan keadaan kakek buyutnya, Nobita agar keturunannya dapat menikmati masa depan yang lebih baik. Dalam asli waktu-line, Nobita mengalami apa-apa kecuali penderitaan dan kemalangan diwujudkan dalam bentuk tanda miskin dan nilai, bencana fisik, dan bullying sepanjang hidupnya. Hal ini memuncak dalam membakar dari bisnis masa depan ia mendirikan yang meninggalkan garis keluarganya dilanda dengan masalah keuangan. Dalam rangka untuk mengubah sejarah dan baik keluarga Nobi itu nasib, Sewashi mengirimnya sebuah robot yang disebut Doraemon.
Doraemon memiliki saku dari mana ia menghasilkan banyak gadget, obat-obatan, dan alat-alat dari masa depan. Saku disebut yōjigen-saku (lit. keempat dimensi saku). Beberapa gadget (Dogu) didasarkan pada nyata perangkat rumah tangga Jepang dengan twists fantastis, tetapi sebagian besar benar-benar fiksi ilmiah (meskipun beberapa mungkin didasarkan pada cerita rakyat atau cerita agama). Ribuan Dogu telah ditampilkan dalam Doraemon. Jumlah Dogu telah diperkirakan pada 4.500. Ini adalah berbagai konstan yang membuat Doraemon populer bahkan di kalangan pembaca dewasa / pemirsa. Dalam seri, ketersediaan Dogu tergantung kadang-kadang pada Doraemon uang telah tersedia, dan ia sering mengatakan Dogu beberapa mahal di masa depan. Yang lebih terkenal termasuk "bambu-copter" (sangat mirip dengan orang-orang yang muncul di seri yang lebih tua dari Beany dan Cecil), aksesori kepala kecil yang memungkinkan penerbangan, yang "Anywhere Door", sebuah pintu yang terbuka untuk setiap menempatkan keinginan pengguna, dan "Time Machine". Beberapa Dogu berulang muncul juga dalam karya-karya lainnya Fujiko F. Fujio itu seperti 21-emon, Kaibutsu-kun, Kiteretsu Daihyakka, Mikio untuk Mikio atau Paman.
Meskipun ia bisa mendengar dengan baik, Doraemon tidak memiliki telinga: telinga robot itu dimakan oleh beberapa tikus robot, memberinya fobia seri-panjang makhluk.
Karakter perempuan hanya utama adalah Shizuka Minamoto, yang berfungsi sebagai bunga ramah untuk Nobita. Shizuka adalah cerdas dan merupakan teman baik Nobita. Teman utama Nobita manusia dan / atau saingan termasuk Takeshi (dijuluki 'Gian', dari raksasa kata bahasa Inggris), pengganggu yang sempurna, dan Suneo, brat kaya tetapi licik dan sombong. Ada banyak karakter pendukung berulang, seperti Dekisugi, orangtua Nobita, ibu Gian, guru sekolahnya, keturunannya dari masa depan, dan adik Doraemon, Dorami.
Cerita-cerita yang diformulasikan, biasanya berfokus pada perjuangan sehari-hari Nobita kelas lima, protagonis cerita. Dalam bab yang khas, Nobita pulang menangis tentang masalah yang ia hadapi di sekolah dan / atau lingkungan setempat. Setelah mendengar dia keluar, Doraemon sering menawarkan nasihat bermanfaat untuk masalah nya (s), tapi itu tidak pernah cukup untuk Nobita, yang secara konsisten mencari "cepat, mudah" jalan keluar (yang menawarkan wawasan ke pemirsa seperti mengapa kehidupan Nobita berubah keluar dengan cara itu). Akhirnya, setelah memohon Nobita dan / atau goading, Doraemon menghasilkan gadget futuristik keluar dari kantong tersebut untuk membantu Nobita memperbaiki masalahnya, memberlakukan balas dendam, atau memamerkannya kepada teman-temannya.
Sayangnya ketika dalam kepemilikan gadget, Nobita biasanya masuk ke masalah yang lebih dalam dari sebelumnya, meskipun niat Doraemon terbaik dan peringatan. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Gian) mencuri alat Doraemon dan akhirnya menyalahgunakan mereka. Namun, pada akhir cerita, biasanya ada retribusi untuk karakter yang akhirnya menyalahgunakan mereka, dan moral yang diajarkan.
Dengan banyak kesulitan, Nobita menjadi manusia sampai tumbuh dan menikahi Shizuka. Doraemon jatuh cinta dengan kucing Persia putih, menikah dengannya dan membawanya ke abad 22. Mereka memiliki setengah robot, setengah-kucing putri yang mereka beri nama Doraiko. Ada lagi buku komik yang disebut Doraiko. Ini adalah kisah Doraiko, yang jatuh cinta dengan anjing robot bernama Shiro. Mereka berdua hidup pada abad ke-23 sampai anak Nobita dan putri-keduanya persis seperti Nobita-membutuhkan bantuan. Jadi Shiro dan Doraiko pergi ke abad ke-21 untuk membantu Nobiko dan Norito.