Friday, March 15, 2013

INFO SAINS : Belut Listrik


Sidat listrik atau belut listrik (Electrophorus electricus) adalah sejenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik hingga mencapai daya 600 wattatau tegangan 600 volt, arus listrik 1 ampere. Walaupun disebut sidat atau belut, ia masuk anggota ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya. Sidat listrik biasa ditemukan di sungai Amazon dan sunagi Orinoko serta daerah-daerah sekitarnya. Ia bias tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound), walaupun ukuran rata-ratanya adalah 1 m.

Di bagian ekornya terdapat batere-batere kecil berupa lempengan-lempengan kecil yang tersusun horizontal maupun vertical. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5.000 buah. Tegangan listrik tiap batere kecil ini tidak terlali besar, tetapi kalau semua batere dihubungkan secara berderet (seri), akan diperoleh tegangan listrik sekitar 600 volt ( bandingkan dengan batu batere yang hanya 1,5 volt). Ujung ekor bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala bertindak sebagai kutub negative.

Belut listrik dapat mengatur hubungan antara batere kecil dalam tubuhnya itu utnuk mendapat tegangan listrik kecil dan tegangan listrik besar. Untuk navigasi, belut listrik hanya membutuhkan tegangan listrik yang kecil. Tetapi ketika bertemu dengan musuh atau mangsanya, belut listik akan memberikan tegangan semaksimal mungkin melalui kepala dan ekornya yang ditempelkan pada tubuh musuh atau mangsanya itu. Arus listrik sekitar 1 ampere yang ditimbulkan oleh tegangan listrik yang tinggi ini akan mengalir dan membunuh mereka.