Saturday, October 19, 2013

CorelDRAW

CorelDRAW adalah software editor grafis berbasis vektor, dikembangkan dan dipasarkan oleh corel corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel.
CorelDRAW sejak awal dikembangkan untuk windows dan saat ini dapat berjalan pada windows 7 dan versi sebelumnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X pada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0 terakhir untuk linux terkahir dibuat tahun 2000.

Sejarah CorelDRAW diawali pada 1985, ketika Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis intel.
Pada 1987, corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing corel. Program itu yang akhirnya diberi nama corelDRAW, pertama kali diluncurkan pada tahun 1989. Program itu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya Corel hanya fokus pada pengambangan software.
CorelDRAW dibuat utnuk windows bersamaan dengan diluncurkannya windows 3.1 dengan dimasukkannya TrueTyoe ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan font yang ada tanpa membutuhkan software tambahan, seperti Adobe TypeWriter.
Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor yang berasal dari corelDRAW adalah note-edit tool, stroke before fill, mesh fill, dan sebagainya.
CorelDRAW memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa corelDRAW dalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan-peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontraks, keseimbangan warna bahkan mengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow Black). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan corel PhotoPaint.

Dari waktu ke waktu, komponen-komponen tambahan selalu dikembangkan atau digabungkan dengan corelDRAW. Komponen yang digabungkan berbeda antar tiap versi corelDRAW. Beberapa di antaranya  adalah PowerTrace (kemampuan mengubah gambar bitmap menjadi vektor dalam wkatu sekejap) dan Capture (kemampuan menangkap gambar yang ada di layar monitor).

No comments:

Post a Comment