Wednesday, October 16, 2013

Pantai Tanjung Bira


Salah satu pantai cantik nan eksotis yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan pantai ini tergolong cukup bersih dengan penataan yang sudah cukup baik. Berbeda dengan pantai pasir putih lainnya yang biasanya memiliki tekstur pasir yang sedikit kasar, hamparan pasir putih di pantai ini memiliki tekstur sangat lembut seperti tepung. Air lautnya yang berwarna biru muda juga cukup jernih dipadu dengan panorama sekitar yang menawan. Banyak wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri yang berkunjung ke pantai ini.

Kawasan pantai ini memang sudah terkelola dengan cukup baik dan terbagi menjadi dua sisi pantai, yakni sisi barat serta sisi timur. Namun kebanyakan wisatawan lebih menyukai menikmati sisi pantai bagian barat daripada sisi timur. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, salah satunya adalah snorkeling maupun diving sembari menikmati keindahan bawah lautnya di beberapa spot yang ada di pantai ini. Salah satu spot terbaiknya adalah di sekitar Pulau Liukang Loe, yakni sebuah pulau kecil yang terletak di seberang barat Pantai Tanjung Bira.
Untuk menuju ke Pulau Liukang Loe, Anda bisa menggunakan perahu yang banyak disewakan di pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga tersedia tempat penyewaan perlengkapan menyelam. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan kawasan pantai ini dalam waktu yang lama, tersedia juga beberapa vila, bungalow maupun hotel yang bisa Anda sewa. Tidak hanya itu saja, beberapa rumah makan maupun restoran dengan sajian makanan khas setempat pun bisa Anda dapatkan di sini.\

Akses ke Pantai Tanjung Bira

Dari pusat kota Makassar, Pantai Tanjung Bira ini berjarak sekitar 200 kilometer. Anda bisa mengambil penerbangan dengan rute yang menuju ke Bandara Hasanuddin, Makassar. Dari bandara, Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi untuk menuju ke Terminal Malengkeri. Dari Terminal Malengkeri, perjalanan dilanjutkan menggunakan bus yang menuju ke arah Bulukumba dan kemudian disambung dengan menggunakan angkutan kota yang disebut dengan pete-pete untuk menuju ke Pantai Tanjung Bira. Transportasi umum yang ada di kawasan Pantai Tanjung Bira biasanya hanya beroperasi hingga sore hari. Jadi Anda harus benar-benar merencanakan perjalanan Anda.