Wednesday, May 22, 2013

KERIPIK BIKIN GEMUK?

     
Berkumpul bersama teman-teman dekat  sepertinya memang menarik dan menyeangkan kalau ditemani cemilan seperti keripik, serta minuman bersoda. Tapi siapa sangka kalau makanan serta minuan ringan ini mengandung kalori yang cukup tinggi. Lebih kaget lagi bahwa keripik yang akrab jadi teman nonton TV  bisa menjadi penyebab berat badan meningkat. Malah lebih tinggi diandingkan minuman bersoda.
     Tim peneliti sempat meriset tentang pola makan dan gaya hidup sekitar 120.877 orang dari penelitian jangka panjang. Semua responden adalah petugas kesehatan dan tidak mengalami kegemukan saat penelitian dilakukan. Setiap empat tahun, berat badan responden diukur selama dua decade. Responden ini juga mengisi kuisioner tentang pola makan. Secara umum, responden mengalami kenaikan berat badan 7,7 Kg dalam 20 tahun. Konon pelonjakan berat badan itu disebabkan oleh keripik kentang. Setiap sajian keripik mengandung 160 kalori dan menyebabkan penambahan berat badan sampao 7,0 Kg dalam empat tahun. Jauh lebih besar kalau membandingkannya dengan makanan manis.
       Kelompok kentang yang paling buruk dampaknya untuk pinggang adalah kentang goreng dibandingkan dengan kentang rebus dan kentang panggang. Setiap satu saji kentang goreng  mengandung 500 sampai 600 kalori. Sementara kebiasaan minum sodamalah membuat berat badan meningkat 0,4 Kg setiap empat tahunnya.

(sumber : kompas.com)