Wednesday, November 19, 2014

Barobbo (Sup Jagung)

      


       Ini dia salah satu makanan khas dari suku bugis, makanan ini biasanya dijuluki dengan nama Barobbo atau bisa juga kita sebut dengan sup jagung, Barobbo itu sendiri adalah makanan yang terbuat dari jagung, biasanya jagung yang digunakan di Bone (tempat kelahiran saya) adalah jagung putih atau jagung pulu, jagung ini memiliki tekstur yang legit sehingga pada saat dimasak, masakan akan semakin kental. Namun, adapula orang yang membuat barobbo menggunakan jagung kuning atau jagung manis, namanya juga jagung manis ya pasti rasanya lebih manis dibandingkan jagung putih.

       Selain dari jagung yang merupakan bahan utama, barobbo juga menggunakan bahan-bahan pelengkap seperti sayur, daun bawang, bawang goreng dan tidak kalah pentingnya lauk. Lauk yang digunakan sesuai selera dari si pembuat itu sendiri, lauk yang biasa digunakan adalah ikan, udang dan ayam. Lauk tersebut diiris kecil-kecil atau bisa juga di tumbuk hingga halus tergantung selera masing-masing.

       Sekilas barobbo ini mirip dengan bubur manado, namun tentu anggapan itu ada hal yang keliru, barobbo yang biasa dibuat oleh suku bugis 100% menggunakan bahan utama jagung sedangkan bubur manado menggunakan beras dan jagung. Jadi jangan salah persepsi ya antara barobbo dan bubur manado :D.