Thursday, January 29, 2015

Buah Pisang Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Buah Pisang adalah buah yang mudah ditemukan dan di dapatka di negara Indonesia. Kita bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif terjangkau. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan di dalamnya terdapat banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.


Di dalam sebuah pisang, banyak terkandung berbagai macam zat dan vitamin yang bermanfaat, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, Fosfor, kalsium, kalium, magnesium dan zat besi. Di bawah ini ada beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita.
1. Sebagai sumber energi
Banyaknya karbohidrat yang terdapat dalam sebuah pisang bisa menjadi sumber energi alternatif bagi tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi paling tidak 2 buah pisang dalam sehari, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan energi anda akan bertambah untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
2. Banyak mengandung vitamin dan serat
Dibandingkan buah apel, buah pisang mempunyai 5 kali kandungan vitamin A dan 2 kali karbohidrat. Di samping itu, pisang dalam ukuran sedang banyak mengandung potasium yang kadarnya hingga 400mg. Oleh sebab itu, pisang ini wajib dikonsumsi agar bisa menjaga kesehatan jantung anda.
3. Untuk pengobatan jerawat
Untuk mengobati jerawat dengan menggunakan pisang, anda bisa ikuti cara sebagai berikut. Yang pertama tumbuk daging buah pisang yang telah matang. Kemudian hasil tumbukkan tersebut oleskan pada kulit wajah anda yang berjerawat. Setelah itu diamkan hingga 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut secara rutin, agar jerawat anda bisa hilang dan wajah anda bisa mulus kembali.
4. Mengatasi anemia
Bagi anda yang mempunyai penyakit anemi atau kekurangan sel darah merah, anda bisa mengkonsumsi buah pisang ini secara rutin setiap hari. Pisang mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi penderita anemia.
5. Dapat menurunkan berat badan
Untuk anda yang mempunyai masalah dalam berat badan, maka konsumsilah buah pisang secara rutin untuk membantu anda menurunkan berat badan. Itu disebabkan karena di dalam buah pisang relatif kecil untuk kandungan kalori.
6. Berguna untuk menghaluskan kulit wajah
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan kulit kasar dan kering, bisa jadikan pisang sebagai solusinya. Seperti cara diatas pada pengobatan jerawat, hanya untuk menghaluskan kulit dan kering ini anda bisa menambahkan satu sendok madu pada tumbukkan pisang tersebut. Setelah selesai, gunakan sebagai masker dan diamkan beberapa jam.
7. Mengatasi penyakit diabetes
Buah pisang dapat juga mengatasi penyakit diabetes. Anda bisa mencari buah pisang yang berasal dari daerah Gorontalo yang bernama pisang goroho. Cara menggunakannya adalah dengan mengukus pisang goroho tersebut dan dicampur dengan parutan kelapa muda. Setelah itu konsumsilah secara rutin untuk mengobati penyakit diabetes.