Friday, December 19, 2014

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

FOR YOUR HEALTH

Jeruk merupakan buah yang banyak digemari oleh anak-anak, kaum muda, ibu bapak dan bahkan orang lanjut usia. Buah jeruk tidak hanya berfungsi sebagai buah-buahan akan tetapi juga berguna untuk mencegah dan memerangi penyakit yang ada di tubuh kita. Kandungan yang berada di dalamnya sangat luar biasa, berguna bagi anda melawan penyakit yang sangat berat seperti jantung, kanker dan masalah gangguan pencernaan pada organ pencernaan manusia.


Ada beberapa manfaat dari jus jeruk bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah:

1. Dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh
Karena adanya vitamin C di dalam jeruk, maka jus jeruk berfungsi sebagai pertahanan yang sangat baik bagi tubuh manusia untuk menghadapi penyakit seperti flu atau pilek dan dapat mendorong sistem kekebalan tubuh.

2. Dapat mencegah penyakit Kanker
Banyak dari kalangan peneliti ilmiah sudah meneliti buah jeruk ini. Dan hasilnya adalah jeruk ini dapat mencegah beberapa jenis kanker. Kandungan jeruk didalamnya juga terdapat D-limonene. D-limonene adalah agen berguna untuk melawan kanker mulut, kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru dan kanker usus besar. Disamping itu juga, adanya vitamin C di dalam jeruk bisa membantu mencegah penyakit kanker.

3. Bisa mencegah penyakit Batu Ginjal
Resiko terhadap penyakit Batu Ginjal bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah jeruk secara teratur. Banyaknya kandungan mineral dan bahan kimia akan menghasilkan pengembangan batu ginjal. Pada buah jeruk nipis terdapat kandungan sitrat, yang berguna untuk mencegah gangguan batu ginjal ini dengan cara menurunkan keasaman urin. Jadi apabila anda terkena atau menderita penyakit batu ginjal, bisa mengkonsumsi buah jeruk nipis dan jus jeruk secara rutin.

4. Tingkat tekanan darah dapat terjaga
Jeruk apabila dijadikan dalam bentuk jus jeruk akan berubah menjadi minuman yang sangat bagus bagi pasien dengan tekanan darah tinggi maupun rendah. Ini dikarenakan di dalam kendungan jeruk terdapat magnesium dalam jumlah besar yang dapat membawa tingkat tekanan darah anda yang terganggu ke normal.

5. Berguna bagi penyembuhan
Salah satu kegunaan jus jeruk adalah sifat penyembuhan. Di dalam buah jeruk terdapat kandungan flavonoid atau sebuah zat seperti naringenin dan hesperidin. Flavonoid adalah anti-inflamasi. Apabila manusia memakan jeruk dalam bentuk mentah atau sudah di jus, maka flavonoid akan bekerja sangat bagus untuk mengobati kekauan dan nyeri pada otot dan juga arthritis.