Saturday, September 28, 2013

Biografi Thomas Alfa Edison

    A.    Biografi  Thomas Alfa Edison
Thomas Alva Edison dilahirkan pada 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, anak ketujuh dan terakhir dari Samuel dan Nancy Edison. Ketika Edison berumur tujuh keluarganya pindah ke Port Huron, Michigan. Edison tinggal di sini sampai dia memukul keluar sendiri pada usia enam belas tahun. Edison memiliki pendidikan formal yang sangat sedikit sebagai seorang anak, bersekolah hanya untuk beberapa bulan. Dia diajar membaca, menulis, dan berhitung oleh ibunya, tapi selalu anak yang sangat ingin tahu dan banyak belajar sendiri dengan membaca sendiri. Keyakinan dalam perbaikan diri tetap sepanjang hidupnya. \

Thomas Alva Edison, seorang penemu terbesar di dunia, menemukan sekitar 3000 penemuan dan 1.093 diantaranya telah dipatenkan. Edison dilahirkan pada tanggal 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, Amerika Serikat dari pasangan suami-Istri Samuel Ogden seorang tukang kayu dan Nancy Elliot seorang guru. Keduanya merupakan keturunan Belanda. Pada usia 7 tahun, edison kecil pindah ke kota Port Huron, Michigan dan bersekolah di Port Huron. Namun tidak lama, 3 bulan kemudian ia dikeluarkan dari Sekolah karena menurut gurunya “Dia terlalu bodoh” sehingga tidak mampu menerima pelajaran apa pun, dia pun sering dipanggil idiot oleh gurunyaSang ibu, Nancy Elliot memutuskan untuk berhenti sebagai guru dan kemudian berkonsentrasi mengajari Edison baca tulis dan hitung menghitung.
“My mother was the making of me. She was so true, so sure of me; and I felt I had something to live for, someone I must not disappoint.”
Begitulah perkataan Edison kecil yang menunjukkan motivasi dalam diri Edison yang cukup kuat dalam belajar. Setelah dia bisa membaca, Edison jadi gemar membaca, ia membaca apa saja yang dapat dijumpainya ia membaca ensiklopedia, Sejarah Inggris, Kamus IPA karangan Ure, Principia karangan Newton dan juga Ilmu Kimia karangan Richard G. Parker. kegemarannya yang menonjol adalah membaca berpikir dan berkeksperimen.
Pada umur 12 Tahun Edison menjadi penjual koran, permen, kacang dan kue di kereta api, sama seperti penjual asongan yang sering kita temui di kereta api ekonomi di Indonesia. Keuntungan dari berdagang itu sebagiannya dia berikan kepada orang tuanya dan sebagiannya dia simpan sebagai modal. Di dalam kereta api, ia menerbitkan koran Weekly Herald sembari mengadakan eksperimen di salah satu gerbong kereta api, setelah sebelumnya meinta ijin perusahaan kereta api “Grand Trunk Railway”.
Pada suatu malam Edison tidak sengaja menumpahkan sebuah cairan kimia sehingga menyebabkan sebuah gerbong hampir terbakar. Karena kasus ini Edison ditampar kondektur hingga pendengarannya rusak, kemudian dia dilarang bekerja di kereta api. Namun Edison tidak menganggap pendengarannya yang rusak sebagai cacat, namun justru dia menganggapnya secara positif sebagai sebuah keuntungan sehingga ia memiliki lebih banyak waktu untuk berfikir daripada mendengarkan omongan – omongan kosong.
Pada usia 15 tahun Edison remaja menyelamatkan nyawa anak kepala stasiun yang hampir tergilas gerbong kereta api. Karena merasa berhutang jasa, sang kepala stasiun tersebut akhirnya mengajarkan cara pengiriman telegram, Edison hanya memerlukan waktu 3 bulan untuk menguasai pelajaran gratis tersebut. Sesudah itu, ia mendapat pekerjaan sebagai operator telegraf.

               Bekerja sebagai sebuah kawat

Edison mulai bekerja pada usia dini, anak laki-laki paling tidak pada saat itu. Pada tiga belas ia mengambil pekerjaan sebagai tukang koran, menjual koran dan permen di kereta api lokal yang mengalir melalui Port Huron ke Detroit. Ia tampaknya telah menghabiskan banyak waktu untuk membaca bebas ilmiah, dan buku teknis, dan juga memiliki kesempatan saat ini untuk mempelajari cara mengoperasikan sebuah telegraf. Pada saat ia berusia enam belas tahun, Edison adalah ahli cukup untuk bekerja sebagai waktu penuh kawat.

       

 

 Pertama Paten

Pengembangan telegraf merupakan langkah pertama dalam revolusi komunikasi, dan industri telegraf berkembang pesat pada paruh kedua abad ke-19. Ini pertumbuhan yang cepat memberikan Edison dan lain seperti dia kesempatan untuk bepergian, melihat negeri, dan mendapatkan pengalaman. Edison bekerja di sejumlah kota di seluruh Amerika Serikat sebelum tiba di Boston pada tahun 1868. Berikut Edison mulai berpindah profesi dari kawat untuk penemu. Ia mendapat hak paten pertamanya pada electric vote recorder, sebuah alat yang dimaksudkan untuk digunakan oleh badan terpilih seperti Kongres untuk mempercepat proses pemungutan suara. Penemuan ini adalah kegagalan komersial. Edison memutuskan bahwa di masa depan ia hanya akan menciptakan hal-hal yang dia yakin publik akan inginkan.

             Pernikahannya dengan Mary Stilwell

Edison pindah ke New York City pada 1869. Dia terus bekerja pada penemuan berkaitan dengan telegraf, dan mengembangkan penemuan pertama yang berhasil, sebuah peningkatan stock ticker disebut "Saham Universal Printer". Untuk ini dan beberapa penemuan yang terkait Edison dibayar $ 40.000. Hal ini memberikan Edison uang yang dibutuhkan untuk mendirikan laboratorium kecil pertama dan fasilitas manufaktur di Newark, New Jersey pada 1871. Selama lima tahun berikutnya, Edison bekerja di Newark menciptakan dan manufaktur perangkat yang sangat meningkatkan kecepatan dan efisiensi telegraf. Dia juga menemukan ke waktu untuk mendapatkan menikah dengan Maria Stilwell dan memulai sebuah keluarga.

       Pindah ke Menlo Park

Pada tahun 1876 Edison menjual seluruh Newark nya keprihatinan manufaktur dan keluarganya pindah dan staf asisten ke desa kecil Menlo Park, dua puluh lima mil barat daya dari Kota New York. Edison mendirikan fasilitas baru yang berisi semua peralatan yang diperlukan untuk bekerja pada penemuan apapun. Ini laboratorium penelitian dan pengembangan adalah yang pertama dari jenisnya di mana saja; model untuk nanti, fasilitas yang modern seperti Bell Laboratories, ini kadang-kadang dianggap sebagai penemuan terbesar Edison. Berikut Edison mulai mengubah dunia.  Penemuan besar pertama dikembangkan oleh Edison di Menlo Park adalah fonograf kertas timah. Mesin pertama yang bisa merekam dan mereproduksi suara menciptakan sensasi dan membawa Edison ketenaran internasional. Edison berkeliling negara dengan fonograf kertas timah, dan diundang ke Gedung Putih untuk menunjukkan kepada Presiden Rutherford B. Hayes pada bulan April 1878.
Edison berikutnya melakukan tantangan terbesar, pengembangan lampu pijar praktis, listrik. Ide listrik pencahayaan tidak baru, dan sejumlah orang telah bekerja pada, dan bahkan mengembangkan bentuk pencahayaan listrik. Tapi sampai saat itu, tidak ada yang telah dikembangkan yang jarak jauh praktis untuk digunakan di rumah. Prestasi akhirnya Edison telah menciptakan tidak hanya lampu listrik pijar, tetapi juga sistem penerangan listrik yang berisi semua elemen yang diperlukan untuk membuat lampu pijar praktis, aman, dan ekonomis.

                   Thomas Edison mendirikan sebuah Industri Berdasarkan Listrik

Setelah satu setengah tahun kerja, kesuksesan dicapai ketika sebuah lampu pijar dengan filamen benang jahit dikarbonisasi terbakar selama tiga belas setengah jam. Demonstrasi publik pertama dari sistem lampu pijar Edison adalah pada bulan Desember 1879, ketika Menlo Park laboratorium kompleks itu diterangi listrik. Edison menghabiskan beberapa tahun mendatang membuat industri listrik. Pada bulan September 1882, pembangkit listrik komersial pertama, yang terletak di Pearl Street di Manhattan, mulai dioperasikan memberikan cahaya dan kekuatan untuk pelanggan di daerah satu mil persegi, usia listrik telah dimulai.


                   Kinerja & Kekayaan

Keberhasilan lampu listrik nya membawa Edison ke ketinggian baru ketenaran dan kekayaan, seperti listrik menyebar ke seluruh dunia. Berbagai perusahaan Edison listrik terus berkembang sampai pada tahun 1889 mereka dibawa bersama untuk membentuk Edison General Electric. Meskipun penggunaan Edison dalam judul perusahaan bagaimanapun, Edison tidak pernah dikontrol perusahaan ini. Jumlah besar modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan industri lampu pijar telah mengharuskan keterlibatan bankir investasi seperti JP Morgan. Ketika Edison General Electric bergabung dengan pesaing terdepan Thompson-Houston pada tahun 1892, Edison dijatuhkan dari nama, dan perusahaan menjadi hanya General Electric.
DOT DAN DOSH

Edison memiliki 3 orang anak dari pernikahannya dengan Mary Stilwell. Dua orang anaknya diberi nama panggilan unik, Dot (Marion Estelle Edison) dan Dash (Thomas Alva Edison Junior), yang diduga diambilnya dari lambang yang digunakan dalam sandi Morse yaitu titik “.” dan garis “-”.

                      Pernikahan ke Mina Miller

Periode sukses dirusak oleh kematian Edison istri Mary pada tahun 1884. Keterlibatan Edison di bagian bisnis industri listrik telah menyebabkan Edison untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di Menlo Park. Setelah kematian Mary, Edison adalah ada bahkan kurang, tinggal bukan di New York City dengan ketiga anaknya. Setahun kemudian, saat berlibur di rumah teman di New England,  Edison bertemu Mina Miller yang adalah seorang anak penemu, Lewis Miller. Ia mengajari Mina kode Morse agar mereka dapat berkomunikasi secara rahasia dengan ketukan kode di tangan mereka. Suatu hari Edison bertanya kepada Mina: .- – ..- .-.. -.. -.- – ..- – .- .-. .-. -.- – . yang kemudian dijawab Mina dengan: -.- . … Pasangan ini menikah pada Februari 1886 dan pindah ke West Orange, New Jersey di mana Edison telah membeli real, Glenmont, untuk istrinya. Thomas Edison tinggal di sini dengan Mina sampai kematiannya.

                  

 

                       Baru Laboratorium & Pabrik

Ketika Edison pindah ke West Orange, ia melakukan pekerjaan eksperimental di fasilitas darurat di pabrik lampu listrik di dekat Harrison, New Jersey. Beberapa bulan setelah pernikahannya, bagaimanapun, Edison memutuskan untuk membangun laboratorium baru di West Orange itu sendiri, kurang dari satu mil dari rumahnya. Edison dimiliki baik sumber daya dan pengalaman pada saat ini untuk membangun, "laboratorium terbaik lengkap dan terbesar yang masih ada dan fasilitas unggul daripada yang lain untuk pengembangan cepat dan murah dari penemuan". Kompleks laboratorium baru yang terdiri dari lima bangunan dibuka pada November 1887.  Sebuah tiga lantai gedung laboratorium utama yang terdapat pembangkit listrik, toko mesin, ruang saham, ruang eksperimen dan perpustakaan besar. Empat bangunan cerita yang lebih kecil yang dibangun tegak lurus terhadap bangunan utama terdapat laboratorium fisika, kimia laboratorium, laboratorium metalurgi, toko pola, dan penyimpanan kimia. Ukuran besar laboratorium tidak hanya diizinkan Edison untuk bekerja pada segala macam proyek, tetapi juga memungkinkan dia untuk bekerja pada sebanyak sepuluh atau dua puluh proyek sekaligus. Fasilitas yang ditambahkan ke laboratorium atau dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan Edison berubah karena ia terus bekerja di kompleks ini sampai kematiannya pada 1931. Selama bertahun-tahun, pabrik-pabrik untuk memproduksi penemuan Edison yang dibangun di sekitar laboratorium. Laboratorium seluruh kompleks pabrik dan akhirnya mencakup lebih dari dua puluh hektar dan mempekerjakan 10.000 orang pada puncaknya selama Perang Dunia Pertama (1914-1918).
Setelah membuka laboratorium baru, Edison mulai bekerja pada fonograf lagi, setelah menetapkan proyek selain untuk mengembangkan lampu listrik pada 1870-an akhir. Pada tahun 1890, Edison mulai memproduksi phonographs untuk rumah keduanya, dan penggunaan bisnis. Seperti lampu listrik, Edison mengembangkan semua yang diperlukan untuk memiliki pekerjaan fonograf, termasuk catatan untuk bermain, peralatan untuk merekam catatan, dan peralatan untuk memproduksi catatan dan mesin. Dalam proses pembuatan fonograf praktis, Edison menciptakan industri rekaman. Pengembangan dan peningkatan fonograf adalah sebuah proyek berkelanjutan, terus hampir sampai kematian Edison.
                       The Movies
Ketika bekerja pada fonograf, Edison mulai bekerja pada perangkat itu, "tidak untuk mata apa fonograf tidak untuk telinga", ini adalah untuk menjadi film. Edison pertama menunjukkan gambar bergerak pada tahun 1891, dan mulai produksi komersial dari "film" dua tahun kemudian di sebuah struktur tampak aneh, dibangun atas dasar laboratorium, yang dikenal sebagai Black Maria. Seperti lampu listrik dan phonograph sebelum itu, Edison mengembangkan sistem yang lengkap, mengembangkan semua yang diperlukan untuk kedua film dan gambar menunjukkan gerak. Pekerjaan awal Edison di film adalah perintis dan asli. Namun, banyak orang menjadi tertarik pada industri ini baru ketiga Edison dibuat, dan bekerja untuk lebih meningkatkan pada pekerjaan awal gambar Edison gerak. Ada karena itu banyak kontributor untuk pengembangan cepat dari film luar karya awal Edison. Pada 1890-an, industri baru berkembang tegas didirikan, dan pada 1918 industri ini telah menjadi begitu kompetitif bahwa Edison keluar dari bisnis film bersama-sama.




Bahkan Genius dapat memiliki Bad Day
Keberhasilan gambar gramofon dan gerakan pada tahun 1890 membantu mengimbangi kegagalan terbesar dari karir Edison. Sepanjang dekade Edison bekerja di laboratorium dan di tambang besi tua dari barat laut New Jersey untuk mengembangkan metode pertambangan bijih besi untuk memberi makan permintaan tak terpuaskan dari Pennsylvania pabrik baja. Untuk membiayai pekerjaan ini, Edison menjual seluruh saham di General Electric. Meskipun sepuluh tahun kerja dan jutaan dolar dihabiskan untuk penelitian dan pengembangan, Edison tidak pernah bisa membuat proses komersial praktis, dan kehilangan semua uang yang telah diinvestasikan. Ini akan berarti kehancuran finansial tidak Edison terus mengembangkan fonograf dan gambar bergerak pada saat yang sama. Seperti itu, Edison memasuki abad baru masih aman secara finansial dan siap untuk mengambil tantangan lain.
Sebuah Produk Menguntungkan
Tantangan baru Edison adalah untuk mengembangkan baterai penyimpanan yang lebih baik untuk digunakan dalam kendaraan listrik. Edison sangat menikmati mobil dan dimiliki beberapa jenis yang berbeda selama hidupnya, didukung oleh bensin, listrik, dan uap. Edison berpikir bahwa propulsi listrik jelas metode terbaik untuk menyalakan mobil, tetapi menyadari bahwa konvensional baterai timbal-asam penyimpanan tidak memadai untuk pekerjaan itu. Edison mulai mengembangkan baterai alkaline pada tahun 1899. Hal ini terbukti menjadi proyek Edison paling sulit, mengambil sepuluh tahun untuk mengembangkan sebuah baterai alkaline praktis. Pada saat Edison memperkenalkan baterai baru basa nya, mobil bertenaga bensin telah begitu baik bahwa kendaraan listrik menjadi semakin kurang umum, yang digunakan terutama sebagai kendaraan pengiriman di kota-kota. Namun, baterai alkaline Edison terbukti berguna untuk mobil kereta api pencahayaan dan sinyal, maritim pelampung, dan lampu penambang. Tidak seperti pertambangan bijih besi, investasi Edison berat dibuat lebih dari sepuluh tahun telah dibayar mahal, dan baterai penyimpanan akhirnya menjadi produk Edison paling menguntungkan. Selanjutnya, pekerjaan Edison membuka jalan untuk baterai alkali modern.

Dengan 1911, Thomas Edison telah membangun operasi industri besar di West Orange. Banyak pabrik-pabrik telah dibangun selama bertahun-tahun di sekitar laboratorium asli, dan staf dari seluruh kompleks telah berkembang menjadi ribuan. Untuk lebih mengelola operasi, Edison datang semua perusahaan ia mulai membuat penemuannya bersama menjadi satu perusahaan, Thomas A. Edison Incorporated, dengan Edison sebagai presiden dan ketua.



Angin anggun
Edison adalah enam puluh empat pada saat ini dan perannya dengan perusahaannya dan dalam kehidupan mulai berubah. Edison menewaskan lebih dari operasi sehari-hari dari kedua laboratorium dan pabrik-pabrik untuk orang lain. Laboratorium itu sendiri kurang melakukan pekerjaan eksperimental asli dan bukannya bekerja lebih pada memperbaiki produk yang ada Edison seperti fonograf. Meskipun Edison terus mengajukan dan menerima paten untuk penemuan baru, hari-hari mengembangkan produk baru yang mengubah hidup dan menciptakan industri berada di belakang dia.  Pada tahun 1915, Edison diminta untuk mengepalai Dewan Konsultasi Naval. Dengan Amerika Serikat beringsut lebih dekat ke arah keterlibatan dalam Perang Dunia Pertama, Dewan Konsultasi Naval merupakan upaya untuk mengatur bakat dari para ilmuwan terkemuka dan penemu di Amerika Serikat untuk kepentingan angkatan bersenjata Amerika. Edison disukai kesiapan, dan menerima janji. Dewan tidak membuat kontribusi penting untuk kemenangan sekutu akhir, tetapi berfungsi sebagai preseden bagi masa depan kerjasama yang baik antara ilmuwan, penemu dan militer Amerika Serikat. Selama perang, pada usia tujuh puluh, Edison menghabiskan beberapa bulan di Long Island Sound di sebuah kapal angkatan laut dipinjam bereksperimen pada teknik untuk mendeteksi kapal selam.
Menghormati sebuah Lifetime Achievement
Peran Edison dalam kehidupan mulai berubah dari penemu dan industrialis untuk ikon budaya, simbol kecerdikan Amerika, dan kehidupan cerita Horatio Alger nyata. Pada tahun 1928, sebagai pengakuan atas prestasi seumur hidup, Kongres Amerika Serikat memberikan suara Edison Medal khusus Kehormatan. Pada 1929 bangsa merayakan Yobel keemasan lampu pijar. Perayaan memuncak pada perjamuan menghormati Edison diberikan oleh Henry Ford di Greenfield Village, museum sejarah baru Amerika Ford, yang termasuk restorasi lengkap dari Menlo Park Laboratory. Peserta termasuk Presiden Herbert Hoover dan banyak ilmuwan terkemuka Amerika dan penemu. Secara eksperimental terakhir kehidupan Edison dilakukan atas permintaan baik Henry Edison teman Ford, dan Harvey Firestone pada akhir tahun 1920. Mereka meminta Edison untuk menemukan alternatif sumber karet untuk digunakan dalam ban mobil. Karet alam yang digunakan untuk ban sampai saat itu datang dari pohon karet, yang tidak tumbuh di Amerika Serikat. Karet mentah harus diimpor dan menjadi semakin mahal. Dengan energi adat dan ketelitian, Edison diuji ribuan tanaman yang berbeda untuk menemukan pengganti yang cocok, akhirnya menemukan jenis gulma Goldenrod yang dapat menghasilkan karet cukup layak. Edison masih mengerjakan ini pada saat kematiannya.


A Man Besar Dies

Selama dua tahun terakhir hidupnya Edison adalah di bidang kesehatan semakin miskin. Edison menghabiskan lebih banyak waktu jauh dari laboratorium, bekerja bukan di Glenmont. Perjalanan ke rumah liburan keluarga di Fort Myers, Florida menjadi lebih lama. Edison adalah masa lalu delapan puluh dan menderita sejumlah penyakit. Pada Agustus 1931 Edison runtuh di Glenmont. Pada dasarnya rumah terikat dari titik itu, Edison terus menurun sampai di 3:21 am pada tanggal 18 Oktober 1931 orang besar meninggal.