Sunday, December 14, 2014

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan


Buah manggis adalah buah yang berasal dari Indonesia dan negara-negara yang beriklim tropis. Selain di Indonesia, buah manggis juga banyak terdapat di negara Malaysiam Thailand, SIngapura, Vietnam. Buah Manggis mempunyai nama ilmiah sebagai Garcinia Mangostana.
Manggis terdiri dari 3 bagian utama. 3 Bagian tersebut antara lain adalah kulit manggis yang ungu, dan mempunyai daging yang berwarna putih yang terdiri dari segmen-segmen yang mirip seperti biah jeruk. Kulit luar manggis bernama pericarp, terkadang sangat sulit ketika dibuka karena terkadang keras.
Buah Manggis selain rasanya yang sangat manis juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara banyak manfaat manggis tersebut antara lain adalah:


Buah yang memiliki antioksidan
Para peneliti sudah mengungkapkan bahwa buah manggis mengandung senyawa alami polifenol yang bernama xanthone. Pada manggis terdapat dua jenis xanthone yaitu alpha dan gamma. Xanthone sudah terbukti mempunyai banyak manfaat dan juga anti-inflamasi. Xanthone adalah obat yang berguna untuk menghadapi penyakit kardiovaskular. Antioksidan xanthone ini mempunyai sifat untuk menyembuhkan sel-sel yang rusak karena radikal bebas, menangkal penyakit degeneratif, memperlambat penuaan tubuh dan kerusakan fisik mental.

Manggis menghasilkan rendah kalori
Buah manggis mempunyai rendah kalori sekitar 63 kalori/100g dan juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Akan tetapi manggis ini mengandung banyak serat makanan, yang sangat penting sekali bagi seseorang yang mmepunyai berat badan berlebih.

Kaya akan Vitamin C
Buah ini mengandung banyak vitamin C sekitar 12% RDA/100g. Vitamin C akan larut dalam air yang mengandung anti oksidan kuat. Vitamin C berguna untuk melawan penyakit flu dan radikal bebas berbahaya pro inflamasi. Karena itulah mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C sangatlah penting bagi pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

Meningkatkan Aliran darah
Buah manggis dapat meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemiapada tubuh kita. Kandungan buah manggis akan meningkatkan aliran darah pada tubuh dengan melakukan pelebaran pada pembuluh darah. Hal itu membantu kita melindungi terhadap penyakit tertentu seperti kolesterol tinggi, Aterosklerosis, jantung tersumbat dan angina (nyeri pada dada).

Penghambat Tuberkulosis
Sifat antibakteri pada buah manggis sangatlah kuat dan juga efisien dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat bakteri. Penghambatan bakteri berbahaya sangat berguna bagi seseorang yang menderita penyakit TBC (Tuberkolosis).